Connect with us

Historical

Nyoba Naik Lift Tertua di Dunia yang ada di Medan

lift tertua di dunia

Dipastikan tak banyak yang mengetahui bahwa di Medan terdapat salah satu lift tertua di dunia. Karena orang Medan memang cenderung punya hobby melupakan sejarah.

Lift asal Inggris ini telah beroperasi sejak tahun 1908 di Gedung London Sumatera (Lonsum), di Jalan Jendral Ahmad Yani, Medan, Sumatera Utara.

Berbeda dengan lift modern pada umumnya, lift tertua di dunia ini masih dioperasikan dengan cara manual, sehingga dibutuhkan operator lift untuk mengoperasikan lift. Tuas yang berada di dalam lift menjadi alat utama untuk mengendalikan gerak lift.

Dan dibutuhkan operator khusus untuk membawa lift tersebut. Pak Kliwon salah satunya. Beliau sudah 30 tahun lebih menjadi operator lift.

“Kalau operatornya tidak sigap, lift bisa terus naik hingga ke atap. Atau turun hingg ke lantai dasar,” terang Pak Kliwon.

Memang terlihat retakan di atap gedung. Karena ketidaksigapan operator.

Lift berusia 111 tahun ini dioperasikan bersamaan dengan digunakannya gedung Lonsum di Indonesia. Gedung Lonsum selesai dibangun pada 1906 bersamaan dengan lahirnya Ratu Juliana, Royal Dutch family.

Pada tahun 2000, lift dan Gedung Lonsum diberi Anugerah Pelestarian oleh Badan Warisan Sumatra karena menjaga gedung bersejarah ini dengan baik.

Gedung Lonsum dibangun oleh David Harrison, pemilik perkebunan karet Harrison & Crossfield company (H&C) yang berpusat kota London. Meskipun dibangun pada masa 1800-an, fasilitas di gedung ini cukup mengagumkan.

Lift yang berbentuk bujur sangkar dengan sentuhan art deco ini masih menjadi alat utama untuk mengangkut staf PT London Sumatra untuk bekerja.

Lift tertua di dunia ini sejatinnya bisa mengangkut hingga 10 orang, namun demi melestarikan lift bersejarah ini pihak manajemen membatasi jumlah maksimal penumpang menjadi enam orang.

Lift berasitektur kuno ini memang unik. Pintu lift masih menggunakan jeruji besi berwarna hitam pekat. Interior lift berkukuran 1,5 meter persegi dihiasi kayu tebal dengan lampu kuning bulat berada di atasnya.

Namun, tidak sembarang orang bisa mengunjungi lift ini, hanya orang yang memiliki keperluan khusus di gedung Lonsum saja yang bisa melihat dan naik ke lift ini. Lift ini beroperasi dari Ground Floor hingga lantai 4 dari pukul 07.30 WIB hingga 18.00 WIB.

Yang belum pernah naik lift tertua di dunia yang ada di Medan, silahkan nonton di sini :

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement Dedicated Server Indonesia

Kontak Kami

Mau kirim tulisan? Mau usahanya diliput gratis? Dibaca ribuan orang per hari.

Silahkan kirim semuanya ke email BanyakCakapDotCom@gmail.com

Mau kaya raya?

Kerja lah cuyyy!!!!

Ayo Langganan Artikel, Gratis!

Silahkan tuliskan alamat email anda

Recent Posts

Advertisement

Title

More in Historical