Connect with us

International

Pertumbuhan Ekonomi Melambat, Cina Hapus Tarif Impor dan Ekspor

BanyakCakap.com – Beijing — Pertumbuhan ekonomi Cina pada kuartal ketiga melambat menjadi 6.5 persen. Untuk meningkatkan pertumbuhan yang melambat tersebut Cina menghapus bea impor dari pangan alternatif untuk ternak, pupuk sampai biji besi. 

Cina mengumumkan beberapa aturan tarif impor dan ekspor pada tahun 2019.

Di situs resmi mereka, Senin (24/12), Kementerian Keuangan Cina mengumukan pada 1 Januari 2019 tarif impor pangan alternatif yang terdiri dari kubis-kubisan, biji kapas, tepung bunga matahari dan aren akan dihapus. Di hari sama, tarif impor yang sama beberapa bahan baku untuk obat-obatan juga dihapus.

Cina akan tetap mempertahankan tarif impor sementara 700 komoditas pada tahun depan. Begitu juga dengan tarif impor untuk mesin pesawat terbang, Kementerian Keuangan Cina mengatakan akan tetap menjaga di harga yang rendah.

Tarif pajak sementara untuk terak mangan dan sel baterai ion litium yang dipakai untuk kendaraan bahan bakar terbarukan juga dihapus. Kementerian Keuangan Cina mengatakan tarif pajak negara untuk produk-produk tersebut akan dihapuskan.

Sementara untuk ekspor, tahun depan Cina tidak akan memungut tarif eksportl pada 94 produk. Termasuk di antaranya pupuk, biji besi, terak, tar batu bara dan bubur kayu. 

Cina juga akan melanjutkan pemotongan tarif ekspor terhadap 298 produk teknologi informasi. Namun, Kementerian Keuangan Cina tidak merinci produk teknologi informasi apa saja yang pajaknya dipotong.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi Cina tahun ini merupakan yang buruk sejak krisis finansial global tahun 2008. Diperkirakan hal ini akan terus terjadi dikarenakan perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat belum juga selesai.

Komoditas kunci dalam perang dagang tersebut adalah kedelai dari AS. Cina memberlakukan tarif impor 25 persen pada kedelai AS pada bulan Juni lalu untuk menanggapi kenaikan tarif impor barang-barang Cina yang dilakukan AS. 

Kenaikan tarif impor yang diberlakukan AS ini menurunkan impor Cina. Kedelai juga bahan baku utama pangan ternak di Cina. AS pemasok terbesar kedua kedelai ke Cina. Komponen perdagangan kedelai antara kedua negara pada tahun 2017 lalu senilai 12 miliar dolar AS. 

loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement Dedicated Server Indonesia

Kontak Kami

Mau kirim tulisan? Mau usahanya diliput gratis? Dibaca ribuan orang per hari.

Silahkan kirim semuanya ke email BanyakCakapDotCom@gmail.com

Mau kaya raya?

Kerja lah cuyyy!!!!

Ayo Langganan Artikel, Gratis!

Silahkan tuliskan alamat email anda

Recent Posts

Advertisement

Title

More in International

error: Content is protected !!