Connect with us

Iptek

Server KPU Dibobol, Cyber Muslim Rusia Dipanggil, Ini Kata Hacker Paling Disegani di Indonesia

cyber muslim rusia

Dunia maya dihebohkan kekhawatiran tentang server KPU dibobol hacker. Dan data pemilu dimanipulasi untuk memenangkan salah satu pasangan capres-cawapres. Cyber muslim Rusia dipanggil.

Beberapa tagar meramaikan medsos. Mulai dari #INAelectionobserverSOS hingga tagar yang meminta pertolongan cyber muslim Rusia. Yang diyakini sebagai yang terkuat di dunia.

Di twitter, tagar dari pendukug salah satu capres tersebut menjadi trending topic.

Kemudian muncul pesan dalam bentuk meme, yang katanya dari cyber Muslim Rusia. Isinya, cyber muslim Rusia akan membantu jika tagarnya dituliskan di kolom komentar sebanyak sejuta kali.

Tidak berhenti sampai disitu, muncul pula foto sebuah laptop yang layarnya menampilkan code-code dari cmd prompt. Kemudian ditambahkan narasi seolah-olah pemilik laptop adalah hacker yang peduli terhadap NKRI.

‘Hacker’ tersebut mengaku sudah beberapa hari menjaga server KPU dari serangan hacker jahat dari negara Api. Lengkap dengan animasi dari threatmap yang menampilkan alur serangan.

Kisah-kisah di atas menjadi perdebatan sengit dikalangan warganet. Ada yang menganggapnya halusinasi belaka. Dan sangat banyak yang meyakininya.

BanyakCakap.com yang jarang diupload ini pun turut heboh atas fenomena tersebut. Kami menemui seorang hacker yang paling disegani di Indonesia. Yang kini fokus membesarkan perusahaan IT-nya hingga ke manca negara.

Sebut saja namanya Ibamz. Seperti sebagian besar hacker yang sudah mumpuni, ia tidak ingin identitasnya diketahui orang. Dengan pakaian serba hitam dan wajah kumal, tim BanyakCakap.com sempat mengira Ibamz seorang gelandangan yang ingin cari sensasi.

Padahal, dengan sebuah laptop, sambil ngopi di sebuah cafe, ia bisa mengerahkan perangkat elektronik di seluruh dunia yang tersambung ke internet, untuk membombardir server. Berikut petikan wawancara singkat tim BC di sebuah warkop di Medan.

BanyakCakap.com (BC) : Bagaimana menurut anda, apakah tagar-tagar meminta bantuan hacker dari luar berdampak pada hasil pemilu 2019?

Ibamz (IB) : Menurutku, itu malah bikin malu nama Indonesia di mata dunia. Apalagi jika tagar tersebut jadi trending topic dunia. Meski pun ada yang menyebutkan bahwa ini adalah taktik psywar. Tapi hal seperti ini kekonyolan belaka.

BC : Warga curiga web dan server KPU dibobol hacker, dan datanya dimanipulasi, hingga memenangkan salah satu capres. Apakah benar seperti itu?

IB : Web dan server KPU.go.id itu ibarat sebuah papan pengumuman yang berisi daftar siswa yang lulus ujian. Jika daftar tersebut dicuri orang, atau dicorat-coret, kita tinggal menempelkan daftar yang baru.

Karena data yang asli ada pada sekolah. Disimpan baik-baik dan aman.

Dengan arti kata lain, kalau data asli hilang atau rusak itu kesalahan dari pihak sekolah.

BC : Banyak yang mengeluhkan, web kpu.go.id susah diakses. Terkadang malah nggak bisa terbuka. Apakah itu tanda ada penyerangan dari hacker?

IB : Bisa jadi itu merupakan serangan DDOS. Serangan ini tidak menghancurkan server, hanya bikin overload server dan membuat web susah diakses. Tapi menurutku, web KPU susah diakses karena terlalu banyak warga yang membuka web secara bersamaan.

Ilustrasinya begini, jika kita mau bayar pajak kendaraan, loket yang dibuka hanya satu. Sedangkan yang mau bayar pajak, sudah ratusan orang. Sudah pasti akan terjadi antrian panjang. Semua jadi lambat dilayani.

BC : Berarti web KPU tidak berpengaruh terhadap hasil akhir pemilu?

IB : Pemilu kita masih menggunakan cara tradisional. Kertas dicoblos pakai paku. Dimasukkan ke kotak kardus. Hasil yang real adalah perhitungan manual yang berlangsung dari TPS hingga ke pusat.

Namun, yang namanya tahun politik, hasil yang terpampang di web KPU pasti membuat gusar sebagian besar warga. Apalagi tampilan hitungannya tidak sesuai dengan hasil di TPS yang difoto warga.

Kesalahan input setitik, bisa jadi viral seketika. Ini merupakan antusias warga dalam berdemokrasi, yang ingin memantau hasil pemilu yang akurat.

BC : Bagaimana dengan video penyerangan berbentuk animasi yang marak beredar di medsos?

IB : Memang itu merupakan bentuk cyber attack berupa virus dan lainnya, yang disederhanakan dan divisualisasikan. Namun silahkan diamati dengan seksama, apakah serangan tersebut menuju server KPU? Dari yang saya lihat serangan ke Indonesia hanya tampak sesekali saja.

BC : Pertanyaan terakhir, apakah benar foto yang ngaku sebagai hacker sedang begadang jaga server KPU?

IB : KPU pasti punya tim IT yang handal dan kredibel. Aku tidak bisa memastikan foto tersebut hacker atau bukan. Tapi yang pasti, hacker yang asli bekerja dalam senyap. Tidak mengharapkan orang mengetikkan sejuta tagar di kolom komentar.

Pesanku buat warganet yang jomblo, lebih baik viralkan #HackerCantikRetasHatiku atau #HackerGantengBobolAku.

loading...
loading...
2 Comments

2 Comments

  1. WhiteIbank

    19/04/2019 at 8:53 pm

    Artikel nya kayak QmaQ

  2. alex

    20/04/2019 at 12:18 am

    semoga artikel ini membuat masyarakat lebih bijak menyikapi isu yg beredar saat ini,

    artikelnya keren min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement Dedicated Server Indonesia

Kontak Kami

Mau kirim tulisan? Mau usahanya diliput gratis? Dibaca ribuan orang per hari.

Silahkan kirim semuanya ke email BanyakCakapDotCom@gmail.com

Mau kaya raya?

Kerja lah cuyyy!!!!

Ayo Langganan Artikel, Gratis!

Silahkan tuliskan alamat email anda

Recent Posts

Advertisement

Title

More in Iptek

error: Content is protected !!