Connect with us

Inspiratif

Viral! Ini Alasan Warga Menuntun Motor Saat Lintasi Rumah Duka

Nilai luhur saling menghormati di Desa Suruh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo masih jelas terlihat. Di sebuah video yang sedang viral, tampak warga menuntun motor saat melintas di depan rumah yang sedang berdukacita.

“Kenapa semua orang menuntun sepeda motornya ya? ” tanya seorang netizen.

“Itu sebagai bentuk penghormatan sekaligus menunjukkan empati atas duka dar ipemilik rumah” jawab yang lain.

Kejadian tersebut direkam di pagi hari. Ketika banyak pengguna jalan yang ingin berangkat kerja atau pun sekolah. Tidak ada satu pun motor yang melintas tanpa berhenti dan menuntun kendaraannya.

Peristiwa yang merupakan penginggalan luhur adat istiadat itu makin terasa sakral. Saat mereka yang lewat menuntun motor, merapalkan doa-doa yang ditujukan kepada pemilik rumah agar diberi kesabaran dalam menerima cobaan.

Itulah rumah duka dari seorang korban musibah Lion Air JT 610, Jannatun Shintya Dewi tinggal. Perempuan usia 24 tahun tersebut merupakan korban pertama yang berhasil diidentifikasi dan kemudian diserahkan ke keluarganya.

Begitulah seharusnya Indonesia. Penuh dengan nilai luhur keberadaban. Peninggalan nenek moyang. Yang makin tergerus kepentingan politik segelintir orang. Dan juga hampir hilang dirong-rong budaya kebarat-baratan yang selalu ditampilkan di televisi.

loading...
loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Suprianto

    06/11/2018 at 4:29 am

    Bangsa indonesia adalah bangsa berbudaya tinggi, ada nilai nilai budaya yg sudah tertanam lama dalam kepribadian seluruh rakyat indonesia, misal saling menghormati, saling menghargai tapi itu sekarang nyaris hilang, di gusur oleh peradaban modern, sejatinya kita harus tetap menjaga dan menanamkan nilai nilai luhur kepada generasi muda agar mereka paham makna yg terkandung didalam nilai tersebut, yaitu nilai nilai pendidikan karakter menuju generasi emas 2045.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement Dedicated Server Indonesia

Kontak Kami

Mau kirim tulisan? Mau usahanya diliput gratis? Dibaca ribuan orang per hari.

Silahkan kirim semuanya ke email BanyakCakapDotCom@gmail.com

Mau kaya raya?

Kerja lah cuyyy!!!!

Ayo Langganan Artikel, Gratis!

Silahkan tuliskan alamat email anda

Recent Posts

Advertisement

Title

More in Inspiratif

error: Content is protected !!